Jumat, 23 April 2010

Kiat Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

img
Sebagai Ibu yang penuh perhatian, tentunya menginginkan anak memiliki rasa percaya diri dan aktif dalam berkomunikasi. Adakalanya perkembangan psikis dan mental seorang anak berbeda-beda dan tak boleh dipaksakan. Berikut ini tips sederhana yang dapat membantu membangkitkan rasa percaya diri anak dalam kehidupan sehari-hari:

1. Biarkan mereka melakukan sesuatu sendiri. Anak-anak yang memiliki kesempatan untuk menjadi mandiri di usia dini cenderung lebih percaya diri dibandingkan anak-anak yang tidak diperkenankan melakukan apa pun sendiri.

2. Berikan pujian yang tulus akan sikap, tingkah laku dan hal-hal yang dilakukannya. Terlalu berlebihan dalam melontarkan hal-hal tersebut malah membuat anak menjadi manja, mudah ngambek namun kosong saat berinteraksi dengan orang lain.

3. Biarkan anak Anda gagal. Kegagalan akan membuatnya belajar untuk menjadi lebih baik di kesempatan selanjutnya. Peranan Anda disini untuk membimbingnya dan belajar dari kesalahan tersebut.

4. Dorong anak Anda untuk mencoba hal-hal baru. Berikan mereka semangat saat melakukannya. Tetapi ingat, jangan memaksakan hal yang tidak mereka sukai.

5. Hindari membandingkannya dengan anak-anak lain, bahkan dengan saudaranya sendiri. Hal ini bisa menumbuhkan sikap rendah diri dan tidak yakin terhadap diri sendiri. hal yang palik buruk terjadi, ia memiliki tabiat mendendam.

Sumber: http://www.wolipop.com/read/2010/04/23/164000/1344310/857/kiat-meningkatkan-rasa-percaya-diri-anak?w992201835

Tidak ada komentar:

Posting Komentar